Orang yang gak pintar-pintar..

Selasa, 15 Agustus 2017

Mengenal TeaLinuxOS: Distro GNU/Linux Ramah & Mudah untuk Pemrograman


Dapatkan update terbaru Linuxku.com di kanal Telegram https://telegram.me/linuxkudotcom.

Inilah TeaLinuxOS sebuah distro GNU/Linux yang dikembangkan oleh komunitas DOSCOM dari Universitas Dian Nuswantoro Indonesia. TeaLinuxOS adalah sebuah OS yang dikembangkan oleh programer untuk programer, dengan fitur utama penginstal modul pemrograman dan sistem instal software secara offline. Tea berbasis Xubuntu dan versi terbarunya saat ini 9.0 "Charmomile". Tulisan ini memberikan penggambaran singkat seperti bagaimana Tea baik tampilan maupun fiturnya. Semoga bermanfaat.


Detail



Tampilan Desktop


TeaLinuxOS berpenampilan panel atas + menu pojok kiri-atas, taskbar pada panel atas, dengan shortcut icons pada desktop. Menu bisa dibuka/tutup dengan tombol Super (seperti di Windows). Tampilan ini ialah XFCE Desktop Environment sebab Tea adalah turunan Xubuntu


File Manager


Pengoperasian folder-folder dilakukan dengan Nautilus, sebuah file manager yang enteng, simpel, serbabisa, dan multitab. Nautilus memudahkan akses partisi-partisi, penyortiran (Sort by Date dsb.), search, dan navigasi selayaknya Anda temukan di Windows Explorer atau macOS Finder.


Fitur Utama


1) Module Installer (Modularitea)

Di manakah letak kecocokan TeaLinuxOS bagi pemrogramer? TeaLinuxOS memungkinkan pengguna menginstal suatu set aplikasi + tools yang sesuai bidang pemrogramannya. Tea menyediakan Modularitea yang memberi 6 pilihan set pemrograman mulai Web sampai Mobile Android. Dengan sekali menekan tombol, pengguna dapat menginstal satu set Apache, MySQL, PHP misalnya untuk pemrograman web atau Android Studio untuk pemrograman mobile. 


Ini konten dari salah satu modul di dalam Modularitea:


2) Tea Package Maker

Sesama pengguna TeaLinuxOS bisa saling berbagi software dengan cara memaketkan software (+ dependensinya) dari satu Tea untuk diinstal di Tea yang lain. Format paket yang dihasilkan adalah .tea. Contoh pemakaian: bila Geany sudah terinstal di satu Tea, dengan Maker kita bisa membuat paket Geany.tea dan menginstalnya di komputer Tea yang lain. Cerdas, bukan? Hal ini akan membuat Tea sangat cocok bagi masyarakat kebanyakan yang berkesulitan internet.



3) Tea Package Installer

Paket .tea yang dihasilkan di satu TeaLinuxOS bisa diinstal di TeaLinuxOS yang lain dengan Tea Package Installer. Cukup buka Installer dan Open berkas .tea. Maka software (+ dependensinya) yang terbungkus dalam .tea akan dibongkar dan diinstal pada sistem Tea. Dengan begini pengguna Tea bisa saling tolong-menolong sesama pengguna ketika tidak ada sambungan internet.  

Desktop Search


TeaLinuxOS sudah dilengkapi kemampuan pencarian files yang bisa membaca hingga isi teksnya. Ini berguna sekali bagi para programer manakala mencari suatu kode misalnya  if ('--config' in ... )  dari sekian banyak file Python .py di dalam folder tertentu. Jadi, mirip seperti pencarian google yang bisa membaca hingga isi teks bukan hanya nama file-nya. Fasilitas pencarian ini bernama Catfish



Pengaturan Sistem


Pengaturan dilakukan melalui program Settings yang bisa diakses dari menu. Inilah "Control Panel" di TeaLinuxOS. Di sini pengguna bisa mengatur mouse/touchpad, shortcut keys, jaringan, tema & ikon desktop, dan lain-lain. 


Berkontribusi


Akhir kata, Anda bisa berkontribusi untuk pengembangan TeaLinuxOS dengan cara donasi, ikut memrogram, dan lain sebagainya. Anda bisa mulai dari 2 pranala berikut:


Referensi Lanjutan


Jika Anda mau belajar lebih lanjut mengoperasikan TeaLinuxOS, silakan kunjungi alamat-alamat berikut:


http://www.linuxku.com
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Kangjeri's Blog | Powered by Blogger Distributed By Protemplateslab & Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com