Orang yang gak pintar-pintar..

Selasa, 15 Agustus 2017

Perkenalan Endless OS Bagian 1: Basic Edition




Endless OS adalah sebuah sistem operasi GNU/Linux yang didesain mudah & lengkap untuk pengguna offline terutama di sektor pendidikan & pemakaian umum. Endless OS diproduksi bersama EndlessM, komputer mini-portabel terjangkau yang bisa memakai TV sebagai monitornya. Endless OS dan EndlessM ialah produk dari Endless Mobile Inc.sebuah perusahaan San Fransisco yang berdiri pada 2012 dan  pada 2015 memperoleh dana Kickstart sebesar $170.000 lebih dari 1000 orang donor. Tulisan bagian 1 ini akan membahas Endless OS 3 Basic Edition.


KOMPUTER ENDLESSM


Endless OS itu OS-nya, sementara EndlessM itu komputernya. Komputer EndlessM bersistemkan Endless OS, didesain untuk semua orang. Ini fotonya:

Endless One, salah satu varian produk komputer EndlessM.

(foto ditaut dari laman endlessos.com/our-computers)

Endless Mini, varian dengan harga termurah $79.


(foto ditaut dari laman endlessos.com/our-computers)

A. BAGIAN UNIK & MENARIK


Berikut sejumlah fakta mengenai Endless OS yang akan menarik perhatian Anda:

Web Berbahasa Indonesia

Jika Anda membuka situs resmi Endless OS https://endlessos.com/id dari Indonesia, Anda akan disambut oleh tampilan berbahasa Indonesia.



Forum Berbahasa Indonesia

Forum Endless sebenarnya internasional, tetapi menyediakan satu ruang Berbahasa Indonesia https://community.endlessos.com/c/id. Hal inilah yang jarang kita temukan di forum-forum distro lain.



Bedanya Basic dan Full

Endless OS disediakan dalam 2 edisi: Basic dan Full. Edisi Basic berukuran 2GB ditujukan buat pengguna yang sudah punya internet di rumah, sementara edisi Full (8-16GB) inilah Endless yang lengkap & membawa 100 aplikasi lebih + ensiklopedi offline. Anda dianjurkan mengunduh yang Full untuk pemakaian di rumah, sekolah, serta pendidikan & pengajaran.

Lowongan Kerja

Lebih menarik lagi, Endless membuka lowongan kerja https://endlessos.com/careers.



B. TAMPILAN ENDLESS OS


Begini tampilan desktop Endless OS. Ikon-ikon aplikasi sengaja ditayangkan di muka mengikuti tampilan Android, untuk menjangkau lebih banyak pengguna. Desktop environment di baliknya ialah GNOME


Membuka aplikasi mudah dengan mengetikkan namanya. Memencet tombol Super (Win) akan mengarahkan kursor ke kotak pencarian.


C. APLIKASI ENDLESS OS


Endless OS Basic Edition membawa sejumlah aplikasi yang mencukupi untuk keperluan sehari-hari seperti:

  • Dokumen: pengolah kata, angka, dan presentasi (LibreOffice). Mendukung format Microsoft Office juga. 
  • File manager: peramban berkas & folder (Nautilus), tempat Anda mengelola dokumen dan segala data.
  • Web browser: peramban web, tempat Anda mengakses internet (Chromium Browser).
  • GNOME Software: tempat menginstal aplikasi. 
  • System Settings: tempat pengaturan sistem.



Endless OS secara resmi mulai versi 3 memakai Flatpak yakni pengguna bisa menginstal software secara aman tanpa internet dengan satu file saja (sudah termasuk dependensi). GNOME Software yang dibawa oleh Endless sudah dirombak untuk keperluan tersebut. 

D. PENGOPERASIAN ENDLESS OS


Salah satu sasaran utama Endless ialah sektor pendidikan. Oleh sebab itu, Basic Edition pun membawa program Exploration Center dengan bab-bab edukasinya:



Memasang aplikasi mudah dengan GNOME Software yang sudah dibawa Basic Edition. Anda cari kategorinya dan instal programnya dengan sekali klik (internet harus tersambung):


Anda bisa membuat & edit dokumen di Endless OS, baik itu berformat LibreOffice (ODT/ODS/ODP) maupun Microsoft Office (DOCX/XLSX/PPTX).


E. DOKUMENTASI BAWAAN


Endless OS Basic Edition sudah membawa dokumentasi disertai video-video pemandu pengoperasian.


Bersambung ke bagian 2...

http://www.linuxku.com
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Kangjeri's Blog | Powered by Blogger Distributed By Protemplateslab & Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com