Orang yang gak pintar-pintar..

Jumat, 08 Januari 2010

Pemikiran Gus Dur Harus Dilanjutkan

Pemikiran Gus Dur Harus Dilanjutkan

Keberlangsungan ide dan pemikiran yang di tinggalkan Gus Dur yaitu gigih memperjuangkan demokrasi dan pluralisme, menjadi tanggung jawab pengikutnya. Pemikiran Gus Dur yang tajam dan cemerlang soal kebangsaan, khususnya soal Bhineka Tunggal Eka, telah memberi peranan besar bagi perjalanan bangsa. Praktik yang dilakukan Gus Dur mengenai sikap saling menghormati segala bentuk perbedaandemi tercapainya tatanan masyarakat yang demokratis harus diteladani. Konsep kebangsaan Gus Dur kini menghadapi banyak tantangan dan hambatan. Gus Dur sebagai sosok yang ideal negarawan produk pesantren , pemikiran Gus Dur mengajarkan sekaligus mencontohkan bagaimana ber-Islam dalam konteks ke-Indonesiaan “Gus Dur memandang dan menyakini perbedaan adalah rahmat, sunatullah (telah digariskan Allah) ” Perbedaan itulah yang membentuk warga Indonesia menjadi bangsa yang terhormat, mandiri, dan merdeka lahir batin.
Share:

1 komentar:

  1. cara berrfikir Gus Dur Sangat Orisinil.. Bahkan Gus Dur sebuah kitab hidup atau bisa juga penerjemah Bahasa Kitab ke bahasa rakyat..

    BalasHapus

Copyright © Kangjeri's Blog | Powered by Blogger Distributed By Protemplateslab & Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com