Orang yang gak pintar-pintar..

Minggu, 28 November 2010

Keperawanan Tidak Lagi Sakral!


Apa itu perawan ? mukin tidak perlu di jelaskan kita semua pasti tau. Seberapa pentingkah nilai keperawanan itu? Mungkin ini yang menjadi pertanyaan kita semua. Karena ini menyangkut nilai-nilai kesusilaan dan adat sopan santun.

Di Negara Liberal nilai keperawanan mungkin tidak begitu penting, tapi di negeri kita tercinta, mengeklaim sebagai negeri timur yang menjujung tinggi nilai-nilai kesusilaan dan adat sopan santun pastilah keperawanan (remaja perempuan lajang) itu sangat penting.

Tetapi fakta yang ada di negeri ini sangatlah bertentangan, sebagai mana di tulis di Kompas.com bahwa separuh remaja perempuan lajang di Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi disebut tidak perawan karena melakukan hubungan seks pranikah.


Tidak sedikit yang hamil diluar nikah.
Dari 100 remaja, 51 remaja perempuannya sudah tidak lagi perawan, ," ungkap Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sugiri Syarief kepada sejumlah media dalam Grand Final Kontes Rap dalam memperingati Hari AIDS sedunia di lapangan parkir IRTI Monas, Minggu (28/11/2010).

... di Surabaya 54 persen, Medan 52 persen, Bandung 47 persen, dan Yogyakarta 37 persen. -Sugiri Syarief

Selain di Jabodetabek, ujar Sugiri, data yang sama juga diperoleh di wilayah lain di Indonesia. Ia menyebutkan bahwa di Surabaya, remaja perempuan lajang yang kegadisannya sudah hilang mencapai 54 persen, di Medan 52 persen, Bandung 47 persen, dan Yogyakarta 37 persen. Menurutnya, data ini dikumpulkan BKKBN selama kurun waktu 2010 saja.

Melihat data tersebut terkejutkah? atau mukin sudah lumprah. Apakah ini semua buah dari kebodohan bangsa?!.

Memang mental dan dan pembangunan karakter masyarakat, khususnya generasi muda perlu di lakukan, harus ada aksi nyata dari pemerintah, dan semua elemen masyarakat terutama lembaga pendidikan.

Banyak dari generasi muda kita terjebak dalam lingkaran kapitalis dan budaya hedonis dalam proses menunjukkan identitas diri, ditengah-tengah komunitasnya.

Semoga nilai-nilai subtansi dari keperawanan tetap sakral!

(kangjeri)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Kangjeri's Blog | Powered by Blogger Distributed By Protemplateslab & Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com